Iwan ESJEPE

Iwan Esjepe adalah seorang “Words Artist” yang mengawali karirnya sebagai seorang wartawan, copywriter, Creative Director di agency lokal dan Multinational hingga sebagai konsultan komunikasi. Melalui @studioesjepe, Iwan dan @indahesjepe terus meluncurkan materi “provokasi putih” dalam bentuk kata dan visual yang ringan dan menggembirakan.

 

Waktu itu tahun 2000-an. Industri periklanan masih mengalami masa kejayaannya. Semua orang advertising sibuk menjaring laba dari klien-kliennya. Mereka seakan tenggelam bahkan cenderung terpenjara di dunia yang sedang digelutinya. Kalo sedang senggang pun mereka menghabiskan energinya untuk berkarya membuat initiative Ads untuk diikutsertakan dalam lomba nasional dan internasional. Pokoknya orang advertising fokusnya cuma dua hal, bisnis dan awards. Begitu sibuknya mereka dengan dua hal tersebut sehingga mereka luput mengetahui apa yang terjadi di luar dunianya.

 

Suatu hari Iwan membuat stiker berwarna putih dengan huruf-huruf merah mencolok bertuliskan “Indonesia Bertindak”. Pesannya sederhana, kita tidak boleh mengeluh dengan apapun yang terjadi di negeri ini. Kita tidak boleh menunggu perubahan datang. Kita sendiri yang harus bertindak kalo mau negeri jadi lebih baik. Dan ia pun menyebarkan pesan tersebut. Lalu bagaimana ia di masa kini? Apa yang ia lakukan? Simak obrolan Jaxplus dengannya dibawah ini, yuk!

 

Q: Apa, sih, rasanya menjadi seorang creative director?

A: Dulu waktu saya masih menjadi seorang copywriter, cita-cita saya adalah menjadi seorang creative director. Namun, begitu akhirnya saya menjadi seorang creative director, saya menyadari ternyata itu bukanlah tujuan saya, tetapi sebuah konsekuensi. Tanggung jawab yang saya lakukan ketika saya menjadi seorang copywriter ternyata berbeda dengan creative director. Intinya menjadi seorang creative director, yah, ada suka dan dukanya. No pain no gain-lah!

 

“Jangan berhenti membaca dan bergaul”

 

Q: Apa yang membuat Iwan selalu bersemangat setiap hari dalam menjalani hari?

A: yang membuat saya selalu bersemangat setiap hari adalah ketika saya berangkat ke kantor. Karena pekerjaan-pekerjaan selalu baru setiap hari, hari ini handle klien yang berbeda dengan esok hari, begitu seterusnya. Exciting, buat saya. Tetapi lebih semangat lagi ketika saya sudah tidak berada di bidang advertising lagi. Tapi ketika saya berada dalam sebuah Social Movement atau Social Campaign, dimana apa yang saya lakukan akan berdampak baik bagi orang lain.

 

Q: Sebagai seorang pelaku kreatif, biasanya dapat inspirasi dari mana?

A: Biasanya dapat dari buku, pergaulan, dan pengamatan.

 

Q: Semua orang pasti punya ketakutannya sendiri, kalau Iwan, apa ketakutanmu?

A: Ketakutan saya adalah berhenti. Berhenti membaca, bergaul, melakukan observasi, berkarya, dan sebagainya. Kita harus terus mengisi diri dengan hal-hal baru dan berguna.

 

“Pasti selalu ada jalan”

 

Q: Pernahkah mengalami creative block? Apa yang Iwan lakukan ketika mengalaminya?

A: Semua orang pasti mengalaminya, tinggal bagaimana cara mengatasinya. Kalau saya biasanya tidur, dan ketika saya bangun saya lebih segar dan bisa menemukan ide baru lagi.

 

Q: Adakah nasehat atau tips yang bisa dibagikan untuk para pekerja kreatif di luar sana?

A: Selalu membaca dan membaca. Karena bacaan itulah yang bisa menjadi amunisi untuk menembakkan sebuah kreativitas. Jadi jangan berhenti membaca, buku, alam, masyarakat.

 

Q: Sebutkan 3 (tiga) kata yang terlintas ketika mendengar kata kreativitas!

A: Cara bertahan hidup.

 

“Kekuatan kata, luar biasa”

 

Q: Ceritakan, dong, pengalaman pekerjaan yang paling berkesan dan paling membanggakan buat Iwan.

A: Yang paling membanggakan adalah stiker yang saya bagikan dengan tulisan motivasi seperti “Pasti ada jalan”,  karena ini dampaknya ternyata sangat luar biasa. Pernah suatu pagi ada seseorang yang menelepon saya dan berkata, “Hei, terima kasih ya, karena kata-kata di stiker yang kamu buat, saya tidak jadi bunuh diri!”. Buat saya itu sangat luar biasa. Menyenangkan sekaligus menyeramkan.

 

Well, gimana? Kalau semua yang dilakukan memiliki arti tersendiri bagi diri sendiri, tentunya sangat mudah melawan rintangan, bukan? Intinya, seperti yang Iwan katakan, isilah dirimu dengan hal-hal baru yang positif, ya!

Leave a Comment